Jumat, 20 November 2015

SASARAN PASAR



SASARAN PASAR : Sasaran pasar atau sering di sebut potensial pasar adalah keseluruhan permintaan terhadap produk tertentu dan periode waktu tertentu pula.
Bagian pasar yang akan dilayani perusahaan adalah sasaran yang merupakan rencana penguasaan pasar.

MARKET SHARE : Bagian pasar yang akan dikuasai oleh perusahaan apabila di bandingkan dengan penjualan seluruh industrinya. Market share merupakan indikator perusahaan yang mampu menjelaskan tentang :
1.      Kemampuan perusahaan menguasai pasar
2.      Kedudukan perusaan di pasar persaingan

PENGUASAAN PASAR : Secara ringkas penguasaan pasar mempunyai dua pilihan yaitu :
1.      Menguasai keseluruhan pasar
2.      Hanya sebagian pasar yang di kuasai

AGREGASI PASAR : Pasar dapat dianggap mempunyai satu karakter yang sama. Oleh karena itu kosekuensi kebutuhan maupun usaha pasar untuk memperoleh barang juga berperilaku seragam.
SEGMENTASI PASAR : Pemasar mampu melihat perbedaan-perbedaan karakter maupun prilaku yang ada.

BASIS SEGMENTASI PASAR :
1.   Basis segmentasi pasar konsumen : basis untuk segmentasi pasar konsumen paling umum digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis, dan prilaku.

2.      Basis segmentasi pasar industrial : basis segmentasi untuk pasar industrial adalah aspek geografis, demografis, karakteristik poerasional, Pendekatan pembelian, faktor situasinal, dan karakteristik personal.

PROSES SEGMENTASI PASAR : Proses segmentasi pasar mempunyai beberapa langkah :
1.      Identifikasi basis segmentasi pasar.
2.      Mengumpulkan informasi pasar.
3.      Mengembangkan komposisi profil segmen.
4.      Penetapan kosekuensi pemasaran.
5.      Estimasi masing” potensi segmen pasar.
6.      Analisis peluang pasar.
7.      Penetapan penguasaan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar