Jumat, 20 November 2015

PRODUK


PRODUK : Adalah segala sesuatu yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
KONSEP PRODUK TOTAL : Konsep produk total adalah keseluruhan manfaat atas produk yang di tawarkan kepada konsumen.
KONSEP TINGKATAN PRODUK : Rancangan produk adalah pemahaman produsen sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk bersifat nyata (tangible) dan bersifat tidak nyata (intangible).
KLASIFIKASI PRODUK : Produsen melakukan klasifikasi bertujuan untuk memperoleh kelompok produk yang berperilaku seragam atau hampir seragam.
PRODUK KONSUMEN : Produk konsumen adalah produk-produk yang di konsumsi untuk kepentingan akhir konsumen dan keluarganya sendiri.
KLASIFIKASI PRODUK KONSUMEN : Atas dasar perilaku konsumen memperoleh barang yang menggunakannya , produk konsumen dapat dibedakan :
1.      CONVENIENCE PRODUCTS : adalah produk konsumen yang sering diperlukan tanpa banyak memerlukan usaha atau pertimbangan untuk memperolehnya karena produk konsumen tersebut sudah sangat dikenal karena sering digiunakan atau sering dibeli.
2.      SHOPING PRODUCTS : adalah produk konsumen konvenien yangh berharga bagi konsumen sehingga mermerlukan usaha sebelum menentukan pilihannya.
3.      SPECIALTY PRODUCTS : adalah produk konsumen yang benar-benar diperlukan konsumen sehingga bersedia secara khusus untuk memperolehnya.
4.      UNSOUGHT PRODUCTS :  adalah produk konsumen atau belum atau diperlukan untuk dibeli pada saat itu atau tidak dapat dipergunakan dilingkungannya.
PRODUK INDUSTRIAL : Adalah produk-produk yang dikonsumsi oleh industriawan untuk kepentinagn lain yaitu untuk diubah produksi menjadi produk lain kemudian dijual kembali atau untuk dijual kembali tanpa transformasi fisik
KLASIFIKASI PRODUK INDUSTRIAL :
1.      RAW MATERIALS & PARTS
2.      CAPITAL ITEMS
3.      SUPPLIES & SERVICES
JASA : Jasa adalah produk tidak nyata atau tidak dapat dilihat tetapi hanya dapat dirasakan sewaktu dikonsumsi. Karakter jasa : intagible, inseparable, variable, perishable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar